Gideros Studio: Membuat Game Dengan Mudah & Menyenangkan

Beberapa bulan terakhir ini saya mencobva tool baru untuk membuat game. Gideros Studio, itulah nama tool tersebut. Sebuah tool yang datang dengan dilengkapi IDE, Player, Font Creator, & Texture Packer. Gideros menggunakan Lua sebagai bahasa pemrogramannya. Bagi yang sudah pernah menggunakan Corona pasti akan mudah berpindah ke Gideros.

Bahasa pemrograman Lua adalah bahasa scripting yang mudah dan fleksibel. Programmer tidak terlalu dibatasi dengan kekakuan tipe atau pun struktur data. Dengan kemudahan dari Lua, programmer dapat lebih berkonsentrasi kepada logic dari game dari pada berkutat dengan masalah bahasa.

Gideros berjalan di platform Windows, MacOS, dan Linux. Untuk di Linux, saat ini dapat dilakukan dengan menjalankan versi Windows menggunakan Wine. Walaupun menggunakan Wine, Gideros berjalan dengan bagus. Game yang dihasilkan dengan Gideros pun dapat dijalankan di banyak platform. Untuk saat ini, platform yang didukung adalah iOS dan Android. Platform yang lain direncanakan akan didukung pada versi-versi berikutnya.

Yang paling menyenangkan adalah Player-nya. Kita bisa langsung menjalankan game yang kita buat di Player yang disediakan Gideros. Player bisa dijalankan di komputer atau di perangkat bergerak kita. Untuk menjalankan game, cukup klik satu tombol dan kita bisa langsung mencoba game yang kita buat. Berbeda dengan kebanyakan tool  yang ada. Biasanya kita harus melakukan build terlebih dahulu untuk dapat mencoba game kita di perangkat bergerak. Dengan Gideros, kita cukup memiliki komputer serta perangkat bergerak yang terhubung dalam satu jaringan.

Bagaimana kalau kita bingung ketika menggunakan Gideros? Jangan khawatir, Gideros memiliki forum yang sangat bersahabat. Komunitas akan dengan senang hati menjawab pertanyaan kita. Komunitas juga banyak membuat modul-modul yang bisa kita gunakan di dalam proyek kita.

Tertarik? Langsung saja download dan coba. Jangan lupa bagi pengalamanmu.

Tutorial HTML [2] : Mulai Menulis Dokumen HTML

Anda sudah siap? Baik sekarang siapkan sebuah text editor sederhana semacam ‘notepad’. Jangan coba-coba menggunakan Dreamweaver, Frontpage, dan kawan-kawannya. Percayalah bahwa Anda akan memahami HTML lebih dalam jika mau memulainya dengan alat yang serba terbatas ini.

Perlu diingat bahwa saya hanya akan mengajarkan kepada Anda tentang bagaimana cara memakai HTML. Jadi, jangan bertanya: Kenapa harus begitu? Jika Anda menginginkan lebih, tutorial ini bukan untuk Anda.

Struktur Dasar

Jika Anda ingin membuat dokumen html maka pakailah template ini:

<html>
    <head>
        <title>Judul Dokumen</title>
    </head>
    <body>
        isi dokumen
    </body>
</html>

Anda akan banyak bekerja di antara tag <body> dan </body>. Sekarang cobalah anda menulis di antara tag <body> dan </body>. Jika sudah cobalah untuk ‘menandai’ bagian-bagian teks itu dengan tag-tag berikut:

  • <b></b>
  • <i></i>
  • <u></u>
  • <strong></strong>
  • <br/>

Setelah selesai, simpanlah dengan nama apapun yang Anda sukai dengan diakhiri “.html” atau “.htm” dan bukalah dengan web browser Anda.

Jika Anda ingin tag yang lebih banyak silahkan kunjungi http://www.w3.org/TR/html401/index/elements.html. Anda juga bisa men-download dokumentasi lengkap HTML di http://www.w3.org/TR/html401.

Tutorial HTML [1] : Apa itu HTML?

Ini adalah tahap pertama dari rangkaian tutorial pemrograman website yang saya buat. Yang paling dasar adalah belajar HTML (Hyper Text Markup Language). Sebelum melangkah lebih jauh — membuat dokumen HTML — sebaiknya Anda memahami apa itu HTML. Pemahaman yang akan saya berikan merupakan pemahaman praktis.

Yang perlu diketahui adalah bahwa HTML itu BUKAN bahasa pemrograman, tetapi, bisa dikatakan, hanya sebuah ‘penanda’. misalnya anda memiliki kalimat:

The quick brown fox jump over the lazy dog.

Misalkan anda ingin frase ‘jump over’ menjadi perhatian orang yang membaca maka Anda bisa memberinya tanda dengan garis bawah misalnya.

The quick brown fox jump over the lazy dog.

Tentu saja garis bawah hanyalah salah satu cara menandai. Cara lain:

The quick brown fox <penting>jump over</penting> the lazy dog.

Cara tersebut adalah cara yang dipakai dalam HTML (tentu saja tak ada tag <penting> di HTML). Oh iya, penanda tersebut dikenal dengan istilah ‘tag’.

Sekarang semua akan jadi mudah bukan? Misalkan anda ingin teks tersebut menjadi tebal, maka Anda tinggal memberikan ‘tanda’ yang diawali dengan dan diakhiri dengan , huruf ‘b’ di sini berasal dari kata ‘bold’. Perlu diketahui juga bahwa Anda bisa menggunakan huruf kapital maupun huruf kecil. Tag HTML ada banyak dan tidak hanya mengurusi tampilan teks. Hal mengenai berbagai tag HTML akan dibahas dalam tutorial-tutorial berikutnya. Mohon bersabar… :-D

Mengubah Printer Menjadi Mesin Hitung

Pernah repot menghitung lembaran kertas? Suruh saja printer Anda untuk melakukannya. Caranya? Masukkan kertas (atau apa saja yang penting masuk) ke dalam paper tray printer kesayangan Anda.

Pakai aplikasi apa saja, terserah Anda. Cetak halaman kosong dengan jumlah sesuai kebutuhan Anda. Anda bisa lakukan hal ini dengan mengisikan opsi salinan ‘copy’ dengan jumlah yang Anda inginkan. Anda juga bisa melakukannya dengan membuat halaman kosong sejumlah yang anda ingin hitung, tapi cara yang satu ini tidak saya rekomendasikan.

Anda bisa mengerjakan kegiatan lain sementara printer Anda “menghitung”. Kemudian keluarlah lembaran kertas itu sesuai dengan jumlah yang anda butuhkan.

Anda juga bisa pakai cara ini untuk menghitung uang. :-D

Cerita Dibalik Gagasan Ini:

kemarin (7/11/2008) saya disuruh mencetak logo HMIF pada selebaran acara MSDNday karena pada hasil fotokopinya logo tersebut tidak terlihat. Saya diberi tahu bahwa selebaran tersebut akan disebarkan besoknya sebanyak 200 lembar. Ketika mencetak, saya lupa untuk sekalian menghitung jumlahnya sambil mencetak. Akhirnya terpikir gagasan ini untuk menghitung selebaran tersebut.