Gideros Studio: Membuat Game Dengan Mudah & Menyenangkan

Beberapa bulan terakhir ini saya mencobva tool baru untuk membuat game. Gideros Studio, itulah nama tool tersebut. Sebuah tool yang datang dengan dilengkapi IDE, Player, Font Creator, & Texture Packer. Gideros menggunakan Lua sebagai bahasa pemrogramannya. Bagi yang sudah pernah menggunakan Corona pasti akan mudah berpindah ke Gideros.

Bahasa pemrograman Lua adalah bahasa scripting yang mudah dan fleksibel. Programmer tidak terlalu dibatasi dengan kekakuan tipe atau pun struktur data. Dengan kemudahan dari Lua, programmer dapat lebih berkonsentrasi kepada logic dari game dari pada berkutat dengan masalah bahasa.

Gideros berjalan di platform Windows, MacOS, dan Linux. Untuk di Linux, saat ini dapat dilakukan dengan menjalankan versi Windows menggunakan Wine. Walaupun menggunakan Wine, Gideros berjalan dengan bagus. Game yang dihasilkan dengan Gideros pun dapat dijalankan di banyak platform. Untuk saat ini, platform yang didukung adalah iOS dan Android. Platform yang lain direncanakan akan didukung pada versi-versi berikutnya.

Yang paling menyenangkan adalah Player-nya. Kita bisa langsung menjalankan game yang kita buat di Player yang disediakan Gideros. Player bisa dijalankan di komputer atau di perangkat bergerak kita. Untuk menjalankan game, cukup klik satu tombol dan kita bisa langsung mencoba game yang kita buat. Berbeda dengan kebanyakan tool  yang ada. Biasanya kita harus melakukan build terlebih dahulu untuk dapat mencoba game kita di perangkat bergerak. Dengan Gideros, kita cukup memiliki komputer serta perangkat bergerak yang terhubung dalam satu jaringan.

Bagaimana kalau kita bingung ketika menggunakan Gideros? Jangan khawatir, Gideros memiliki forum yang sangat bersahabat. Komunitas akan dengan senang hati menjawab pertanyaan kita. Komunitas juga banyak membuat modul-modul yang bisa kita gunakan di dalam proyek kita.

Tertarik? Langsung saja download dan coba. Jangan lupa bagi pengalamanmu.