Tutorial HTML [2] : Mulai Menulis Dokumen HTML

Anda sudah siap? Baik sekarang siapkan sebuah text editor sederhana semacam ‘notepad’. Jangan coba-coba menggunakan Dreamweaver, Frontpage, dan kawan-kawannya. Percayalah bahwa Anda akan memahami HTML lebih dalam jika mau memulainya dengan alat yang serba terbatas ini.

Perlu diingat bahwa saya hanya akan mengajarkan kepada Anda tentang bagaimana cara memakai HTML. Jadi, jangan bertanya: Kenapa harus begitu? Jika Anda menginginkan lebih, tutorial ini bukan untuk Anda.

Struktur Dasar

Jika Anda ingin membuat dokumen html maka pakailah template ini:

<html>
    <head>
        <title>Judul Dokumen</title>
    </head>
    <body>
        isi dokumen
    </body>
</html>

Anda akan banyak bekerja di antara tag <body> dan </body>. Sekarang cobalah anda menulis di antara tag <body> dan </body>. Jika sudah cobalah untuk ‘menandai’ bagian-bagian teks itu dengan tag-tag berikut:

Setelah selesai, simpanlah dengan nama apapun yang Anda sukai dengan diakhiri “.html” atau “.htm” dan bukalah dengan web browser Anda.

Jika Anda ingin tag yang lebih banyak silahkan kunjungi http://www.w3.org/TR/html401/index/elements.html. Anda juga bisa men-download dokumentasi lengkap HTML di http://www.w3.org/TR/html401.